6 Peluang Usaha di Desa Terpencil, Raup Keuntungan Optimal



Peluang usaha di desa terpencil banyak ragam jenisnya asalkan Anda bisa mengenalinya dengan baik. Dari sekian jenis yang akan dibahas tentu Anda telah mengenal beberapa diantaranya. Meski demikian Anda tidak bisa langsung menjalankan usaha tersebut tanpa mempelajari potensi dan kekurangan dari desa tersebut. Sehingga mempelajari dua faktor tersebut menjadi poin penting yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Selengkapnya terkait peluang usaha di desa terpencil dapat Anda simak pada poin-poin berikut ini.

Analisis Potensi dan Kekurangan Usaha di Desa

Sebelum membahas lebih rinci terkait jenis usaha yang cocok dikembangkan di desa terpencil. Anda harus bisa memahami terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan desa tersebut.

1.      Kelebihan

Rata-rata ulasan mengenai kelebihan dari sebuah desa adalah lahan yang luas, kecenderungan masyarakatnya yang luwes dan minim protes, kekayaan alam yang masih asri, serta murahnya biaya tenaga kerja. Hal ini bisa Anda jadikan patokan untuk memilih jenis usaha yang sesuai berdasarkan kriteria potensi desa tersebut.

2.      Kekurangan

Selain dari sisi lebih Anda pun harus memperhatikan sisi kurangnya juga. Lazimnya di desa yang terpencil masyarakatnya hanya sedikit yang mengenyam bangku pendidikan, keterbatasan akses baik dari sisi internet, infrastruktur, dan sejenisnya. Untuk itu silakan sesuaikan pula jenis usaha yang sesuai dengan kondisi geografis maupun sosial masyarakatnya.

Referensi Ide dan Peluang Usaha di Desa Terpencil

Guna memudahkan Anda mendapatkan ide usaha, kali ini akan disajikan beberapa peluang usaha di desa terpencil. Anda bisa menambahkan kreativitas maupun inovasi yang tepat jika dimungkinkan agar semakin menambah potensi berkembangnya usaha tersebut.

1.      Produksi Kerajinan Tangan

Pertama Anda bisa memulai usaha kerajinan tangan khas daerah setempat. Hal ini bisa dioptimalkan lagi jika desa tersebut masuk dalam kawasan wisata. Tentu produk yang dipasarkan tersebut bisa ditawarkan pada para wisatawan yang berkunjung.

2.      Membuka Toko Bahan Pokok

Seperti yang Anda ketahui jika desa tersebut masuk dalam kawasan terpencil, maka akses masuknya cukup sulit. Hal ini tentu berpengaruh pada pemenuhan kebutuhan pokok, sehingga menjadi sebuah peluang usaha untuk membuka toko bahan pokok.

3.      Menjual Pupuk dan Alat Pertanian

Mayoritas warga desa tentu memilih untuk menjadi seorang petani. Anda bisa mengoptimalkan peluang usaha di desa terpencil tersebut dengan mulai menyediakan pupuk serta alat-alat pertanian. Dijamin usaha Anda akan mendapat antusiasme warga jika diimbangi dengan pelayanan dan harga yang terjangkau.

4.      Usaha Katering

Meski di desa tak ada salahnya untuk mencoba usaha katering terutama saat ada momen khusus, seperti hajatan, pengajian, tasyakuran, dan lain sebagainya. Siapkan ciri khas dari produk Anda sehingga memudahkan pelanggan untuk mengenalinya dalam sekali waktu. Hal ini dapat dijadikan sebagai bagian dari strategi marketing untuk mengoptimalkan usaha.

5.      Beternak Ayam Kampung/ Budidaya Lele

Salah satu usaha yang cukup banyak diminati oleh masyarakat desa adalah beternak ayam kampung atau lele. Jika pengelolaannya baik bukan tidak  mungkin jika Anda bisa menjadi supplier restoran-restoran kenamaan.

6.      Bercocok Tanam Organik

Jika sebagian besar masyarakat hanya melakukan pertanian biasa, kini Anda bisa mencoba untuk bercocok tanam organik. Mengingat desa tersebut merupakan lahan yang cukup potensial, maka melakukan optimalisasi peluang usaha di desa terpencil dengan mengembangkan pertanian organik adalah pilihan yang tepat.

 

Itu dia penjelasan terkait contoh ide dan peluang usaha di desa terpencil yang bisa Anda pertimbangkan. Meski demikian Anda tetap harus melihat potensi, selera pasar, dan hal-hal lain guna mendukung usaha tersebut. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "6 Peluang Usaha di Desa Terpencil, Raup Keuntungan Optimal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel