7 Aplikasi Desain Grafis Android untuk Pemula




 Adobe Illustrator serta Corel Draw artinya dua dari sejumlah software tampilan grafis di desktop yg telah populer. Seni tampilan grafis bisa menolong pemakai untuk membikin logo, poster, ilustrasi, serta sebagainya. Tidak sedikit yg beranggapan apabila tampilan grafis mustahil dilakukan memakai handphone dengan layar yg relatif kecil.

 Sebenarnya faktor tersebut tak mustahil, melainkan menurut saya tak semudah serta seefisien apabila kita melakukannya di desktop. Saya telah merangkum berbagai software tampilan grafis paling baik di Android dengan fitur yg lengkap serta mudah digunakan, untuk menolong memenuhi kebutuhan tampilan grafis pengguna.

Aplikasi-aplikasi berikut telah dioptimasi untuk dipakai di ponsel. Beberapa tool serta fitur juga telah diubahsuaikan untuk penggunaan di ponsel. 

Saya menyarankan supaya memakai aplikasi-aplikasi ini untuk kebutuhan tampilan grafis yg ringan, semacam membikin logo sederhana memakai font, membikin poster, alias membikin ilustrasi sederhana. 

Beberapa software berikut juga memperlukan sumber daya yg cukup besar. Saya menyarankan pemakai untuk memakai handphone dengan spesifikasi yg mumpuni.


7 Aplikasi Desain Grafis Terbaik di Android Edisi 2019

1. Adobe Illustrator Draw

Aplikasi tampilan grafis paling baik di Android yg pertama ingin saya bahas artinya Adobe Illustrator Draw. Aplikasi ini mengadaptasi Adobe Illustrator yg telah lama dihadirkan untuk desktop. Ada tak sedikit sekali perbedaan, dari tool hingga dengan dukungan file yg sangat terbatas. Meskipun begitu, melewati software ini, pemakai telah bisa membikin ilustrasi yg menurut saya menakjubkan.

Di dalam software telah disediakan 5 bentuk pen yg bisa diubahsuaikan untuk kegelapan, ukuran, serta warnanya. Pengguna juga bisa melakukan zoom hingga dengan 64x untuk menerapkan detail yg lebih baik pada ilustrasi yg sedang dikerjakan. Ketika membikin ilustrasi, pemakai juga diizinkan untuk memakai berbagai layer sekaligus. Layer tersebut juga bisa diganti nama, digandakan, digabungkan, alias diubahsuaikan dengan selera.

Karena ini artinya salah satu software dari Adobe, jadi ada berbagai fitur langsung khas Adobe yg bisa digunakan. Salah satunya artinya pemakai bisa menempatkan bentuk stensil alias vector dari Adobe Capture. Hasil tampilan di software ini juga bisa diekspor menjadi file yg bisa dibuka di Adobe Illustrator alias Photoshop di desktop. Selain itu, pemakai bisa mengimpor file dari cloud Adobe, semacam Adobe Stock serta Creative Cloud Libraries. Namun, penggunaan fitur yg bersangkutan dengan cloud mengharuskan pemakai untuk mendaftar serta berlangganan layanan Creative Cloud, meskipun tak semuanya.

2. Adobe Photoshop Sketch

Aplikasi kedua juga dikembangkan oleh Adobe, yaitu Adobe Photoshop Sketch. Tidak sepenuhnya sama dengan Photoshop yg biasa kita jumpai di desktop, software ini dikhususkan untuk membikin sketsa. Ada berbagai tool yg telah disediakan di dalam aplikasi, semacam pensil, pen, marker, penghapus, kuas tinta, cat air, dll. Tool-tool tersebut bisa diubahsuaikan ukuran, warna, kegelapan, serta juga blending-nya.

Aplikasi ini juga bisa dikolaborasikan dengan Adobe Capture untuk membikin kuas. Selain itu, Adobe Photoshop Sketch juga telah mendukung berbagai gambar serta layer yg bisa dipakai dengan cara bersamaan. Hasil sketsa yg dikerjakan dari software ini juga bisa diekspor sebagai layer untuk dibuka di Photoshop serta Illustrator.

3. Canva: Graphic Design & Logo, Flyer, Poster maker

Aplikasi tampilan grafis paling baik di Android lainnya artinya Canva. Aplikasi ini dikhususkan untuk merancang logo, flyer, serta poster. Pengguna bisa merancang dari awal memakai kanvas kosong, alias memakai salah satu dari 60.000 template yg telah disediakan. Canva juga mempunyai antarmuka pemakai yg intuitif, membikin fitur-fitur yg disediakan mudah digunakan.

Canva tepat dipakai bagi pemakai dengan kebutuhan tampilan yg sederhana melainkan berkesan. Hasil tampilan dari Canva biasanya bisa dipakai untuk sampul buku, sampul untuk akun media sosial, undangan acara, dll.

4. Adobe Spark Post: Graphic design made easy

Adobe Spark juga dikembangkan oleh Adobe. Aplikasi tampilan grafis ini dikhususkan untuk membikin poster. Pengguna bisa memilih gambar sendiri untuk kemudian dirancang menjadi suatu poster. Di dalam software telah disediakan berbagai layout template, opsi font, serta palet warna. Pengguna juga bisa menerapkan filter untuk menghasilkan tampilan yg lebih menarik.

Hasil tampilan dari software ini dikhususkan untuk dibagikan di platform-platform media sosial, semacam Instagram, Twitter, Pinterest, Snapchat, blog, dll. Maka dari itu, di software ini juga telah disediakan berbagai ukuran tampilan untuk kebutuhan di sosial media. Selain itu, Adobe Spark juga menyediakan jutaan stok gambar yg bisa dipakai dengan cara gratis untuk kebutuhan tampilan pengguna. Sayangnya, dikala postingan ini ditulis, Adobe Spark tetap belum mendukung integrasi Adobe Stock.

5. Desygner: Free Graphic Design, Photos, Full Editor

Aplikasi tampilan grafis paling baik di Android lainnya artinya Desygner. Cara kerja software ini hampir sama dengan Canva serta Adobe Spark. Pengguna bisa memilih layout template untuk kemudian diedit menjadi yg akan terjadi tampilan yg sedang dibutuhkan, semacam poster, spanduk, dll. Layout yg bisa dipilih di software ini berjumlah lebih dari 1.000.000. Selain itu, Desyner juga memperkenalkan gambar-gambar royalty yg bisa dipakai dengan cara gratis.

Hasil tampilan dari software ini bisa berupa poster, kartu bisnis, flyer, sampul buku, sampul album & CD, menu, surat, spanduk, dll. Selain itu, pemakai juga bisa menghasilkan tampilan dari Desyner untuk kebutuhan pribadi, semacam CV, undangan, dll. Desyner juga menyediakan lebih dari 1.000 opsi font untuk membikin yg akan terjadi tampilan tersebut lebih bervariasi.

Desyner memperkenalkan langganan Desyner Premium dengan harga $9.99 per bulan, alias $69.99 per tahun. Dengan Premium, pemakai bisa mengakses seluruh opsi layout, warna, font serta aset gambar. Selain itu, pemakai juga akan bisa mengimpor elemen dari file PDF serta PSD.

6. Logo Maker – Logo Creator, Generator & Designer

Logo Maker, sesuai dengan namanya, artinya salah satu software tampilan grafis paling baik di Android yg dikhususkan untuk membikin tampilan logo. Aplikasi ini telah diunduh oleh 5 juta pengguna, serta mempunyai rating 4.7 dari 121 ribu lebih ulasan. Aplikasi ini juga mempunyai antarmuka intuitif yg membuatnya mudah digunakan.

Di dalam software juga telah disediakan berbagai elemen untuk menolong pemakai mendasain logo, semacam elemen Arts, Shapes, Colors, Background & Textures. Selain itu, Logo Maker juga menyediakan tool-tool editing penting lainnya, semacam Flip, Rotate, 3D Rotate, Resize, Curve, Font, Color, Hue, serta tetap tak sedikit lagi.


7. Adobe Capture

Artikel ini dibuka oleh software dari Adobe, serta sepertinya juga akan ditutup oleh software dari Adobe pula. Adobe Capture tak sama dengan ke-tiga software yg saya sebutkan di atas. Aplikasi ini bisa membikin gambar apapun menjadi vector yg bisa diedit. Selain itu, Adobe Capture juga bisa membikin tema warna, kuas, pola, font, serta material lainnya untuk kemudian dipakai di software Adobe yg lain.

Aplikasi yg mendukung material dari Adobe Capture artinya Photoshop, Photoshop Sketch, Premiere Pro, Illustrator, Illustrator Draw, InDesign, Dimension, After Effects, Comp, Dreamweaver, Animate, serta Muse. Jadi, sebagai kesimpulan, software ini tak menghasilkan desain, melainkan material.

Saya memasukkannya ke dalam daftar sebab saya rasa software ini mempunyai peran penting. Material-material yg dihasilkan bisa pemakai gunakan di software Adobe lain untuk menghasilkan tampilan yg lebih keren lagi.

Catatan: Tool serta fitur yg disediakan di aplikasi-aplikasi di atas hanya untuk menolong pengguna. Kreativitas dalam memakai tool serta fitur tersebut akan sangat menentukan yg akan terjadi akhir dari tampilan yg dikerjakan.

Fitur-fitur yg disebutkan di masing-masing software di atas artinya sebagian dari fitur-fitur yg ditawarkan oleh setiap aplikasi, dipilih berdasarkan kegunaan serta keunikannya. Pengguna bisa mengunjugi Play Store untuk menonton fitur lengkapnya.

Daftar di atas artinya kompilasi dari software tampilan grafis paling baik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan. Saya ucapkan selamat berkreasi!

Belum ada Komentar untuk "7 Aplikasi Desain Grafis Android untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel